Selasa, 19 September 2017

Perpanjangan STR Perawat Online

Perpanjangan STR Perawat Online

Perpanjangan STR Perawat Online - Sebagian masa lalu aku memiliki kesempatan untuk mengurusi atau buat STR tidak dengan on-line tetapi mengurusi STR dengan segera dengan lengkapi kriteria mengurusi STR yang sudah diputuskan oleh PPNI pusat. Untuk kamu yang berprofesi jadi tenaga kesehatan terutama perawat pastinya telah tidak asing sekali lagi dengan yang namanya STR. STR atau Surat Tanda Registrasi yaitu bukti tertulis yang didapatkan oleh pemerintah pada tenaga kesehatan yang sudah mempunyai sertifikat kompetensi. Tanpa ada mempunyai STR keperawatan seseorang perawat dengan legal tidak bisa menggerakkan tugasnya. Oleh karena itu STR mutlak mesti dipunyai oleh seseorang perawat yang menginginkan memberi service kesehatan pada orang-orang baik itu dirumah sakit, di puskesmas, di poliklinik ataupun di praktik mandiri perawat. 

prasyarat buat STR, langkah buat STR, prasyarat mengurusi STR, alur pembuatan STR, prasyarat buat STR keperawatan, masa berlaku STR, cost pembuatan STR 
Contoh pembuatan STR Kesehatan 

Syarat Perpanjang STR

Sebagian perawat mungkin saja belum juga ketahui kriteria mengurusi STR serta alur yang benar. Termasuk juga aku pribadi sebagian masa lalu. Aku sendiri yaitu lulusan Akademi Keperawatan th. 2011. Serta sekarang ini bekerja di satu diantara rumah sakit swasta. Pada saat itu seseorang perawat belum juga diharuskan mempunyai STR tetapi harus mempunyai SIP atau Surat Ijin Praktik. 

Berhubung ada undang-undang kesehatan baru yang mewajibkan seseorang tenaga kesehatan (Tidak kecuali perawat) mesti mempunyai STR jadi pihak Tempat tinggal Sakit tempat aku bekerja mengupayakan supaya perawat lulusan lama (lulus sebelumnya ketentuan menteri kesehatan diputuskan) bisa mempunyai STR lewat cara ikuti sistem pemutihan. Tetapi karna di rasa sistem ini menelan saat yang lama (lebih dari 2 th.) jadi aku mengurusi STR dengan pribadi di kantor PPNI. Argumen aku mengurusi sendiri di kantor PPNI yaitu, karna telah banyak praktik kompetensi serta seminar yang aku ikuti hingga juga akan begitu sayang sekali apabila kompetensi itu tidak aku masukan kedalam daftar kompetensi aku. 

Aku mengurusi STR serta lengkapi kriteria di kantor PPNI cabang daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk yang belum juga ketahui kantor PPNI Yogyakarta. Kantor PPNI Yogyakarta berada di Poltekes Yogyakarta jalan Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman. Tetapi sekarang ini PPNI cabang Yogyakarta mempunyai gedung atau kantor baru, apabila kamu dari Poltekes Kesehatan Yogyakarta selalu ke selatan. Pertigaan ke-2 (di bagian kiri jalan) masuk (ke arah timur) kantor PPNI ada di bagian kiri jalan (utara jalan) bila tidak salah tempat tinggal posisi keempat dari barat jalan atau dari jalan Tatabumi. 

Kriteria mengurusi STR untuk perawat lulusan sebelumnya th. 2012 

Untuk perawat yang lulus sebelumnya th. 2012 untuk dapat memperoleh STR tidaklah perlu lakukan uji kompetensi terlebih dulu, tetapi cuma menyertakan syarat-syarat. Prasyarat pembuatan STR seperti berikut : 

Ijazah Perawat paling akhir (SPK/DIII/Ners/Ners Spesialis) yg dilegalisir : 2 lembar 
Cocok Photo 4x6 latar belakang merah 3 Lembar 
Pemutihan diserahkan segera ke MTKI dengan kolektif oleh Organisasi Profesi/PPNI, Institusi Service, serta Institusi Pendidikan. 

Hal tersebut berlaku cuma untuk perawat yang lulus sebelumnya th. 2012. Ada ketidaksamaan dengan perawat yang lulus setelah th. itu. Hal yang paling membedakan yaitu pada perawat yang lulus sesudah th. 2012 untuk memperoleh STR mesti mempunyai Sertifikat Kompetensi atau Sertifikat Profesi. Untuk lebih detilnya aku masukan ke point-point di bawah ini : 

Kriteria mengurusi STR untuk perawat lulusan setelah th. 2012 

Mempunyai ijazah pendidikan tinggi Keperawatan. 
Mempunyai Sertifikat Kompetensi atau Sertifikat Profesi. 
Mempunyai surat info sehat fisik serta mental. 
Mempunyai surat pernyataan sudah mengatakan sumpah/janji profesi. 
Buat pernyataan mematuhi serta melakukan ketetapan norma profesi. 
Photo copi KTP yang masih tetap berlaku. 
Surat Pernyataan Mampu Keharusan Jadi Anggota PPNI bermaterai Rp. 3000,. - 

Menyikapi ketidaksamaan prasyarat dalam mengurusi STR pada perawat yang lulus sebelumnya th. 2012 serta perawat yang lulus setelah th. 2012, untuk aku pribadi hal itu telah pasti juga akan memberatkan terlebih untuk beberapa rekanan yang barusan lulus di institusi pendidikan kesehatan. Ujian kompetensi yang dikerjakan memiliki maksud yang baik, yaitu bisa tingkatkan ketrampilan dan pengetahuan perawat pada bimbingan keperawatan yang didapatkan jadi satu diantara service kesehatan pada orang-orang. Tetapi pada prakteknya untuk memperoleh sertifikat kompetensi, seorang mesti ikuti ujian kompetensi yang dikerjakan tiap-tiap 6 bulan sekali. Kemudian baru berkas itu diolah lewat institusi pendidikan serta di verifikasi oleh MTKP, sesudah usai diverifikasi juga akan di kirim ke MTKI untuk dilakukan tindakan. 

Apakah seseorang yang lakukan uji kompetensi di pastikan lulus? 

Pada prakteknya nyatanya tiap-tiap perawat yang lakukan ujian kompetensi belum juga pasti dapat lulus. Sebagian ada yg tidak lulus mesti mengulang sekali lagi ujian kompetensi yang juga akan diselenggarakan di periode selanjutnya. Sulit bukan? Berapakah lama saat juga akan begitu terbuang sampai menanti ujian kompetensi step selanjutnya. Rekanan aku sempat alami, dia tidak lulus ujian kompetensi tetapi telah di terima kerja di satu diantara Tempat tinggal Sakit Katolik di Pekanbaru. Dia mesti kembali sekali lagi ke Yogyakarta untuk lakukan ujian kompetensi di periode selanjutnya. 

Berapakah cost untuk mengurusi STR 

Mungkin saja cost untuk mengurusi STR dari sekian waktu juga akan alami perubahan, tetapi pada akhir th. 2016 saat aku mengurusi pemutihan STR, cost administrasi untuk mengurusi STR yaitu Rp. 100. 000 ;. Uang itu tidak dibayarkan dengan segera, tetapi kita mesti mentransfernya di bank (tidak dapat lewat ATM) ke no rekening PUSTANSERDIK No. Rek 0193. 01. 001868. 30. 7. Lalu bukti transfer itu dilampirkan dengan kriteria yang lain. 


Apakah STR yang kita urus juga akan selekasnya diolah ke MTKI 

Menurut satu diantara petugas yang aku wawancarai untuk memajukan permintaan STR ke MTKI tidak dapat satu persatu atau dalam pengertian mesti penuhi kuota terlebih dulu baru pihak PPNI daerah juga akan mengolahkan ke MTKI. Oleh karenanya apabila kamu menginginkan selekasnya STR kamu diolah tambah baik mengajak rekan yang belum juga lakukan registrasi supaya tercukupi kuota yang ditetapkan supaya permintaan STR dapat segera diolah ke MTKI. 

Berapakah lama sistem mengajukan hingga memperoleh STR? 

Untuk memperoleh STR kita jadi kita mesti menanti saat lebih kurang 6 bulan. Aku sendiri memajukan pemutihan STR bulan oktober th. 2015 serta baru memperoleh STR pada bulan April 2016. Oleh karenanya bebrapa seringkali saja mengecek ke kantor PPNI untuk ketahui sejauhmana STR kita diolah. 

Berapakah lama STR itu berlaku? 

Sesuai sama Ketentuan Menteri Kesehatan 1796 STR bisa berlaku sepanjang 5 th. serta bisa diperpanjang sepanjang 5 th.. Nah agar bisa lakukan perpanjangan STR jadi tiap-tiap perawat mesti penuhi syarat-syarat. Kriteria itu yaitu : Turut berpatisipasai dalam aktivitas pendidikan atau kursus dan aktivitas ilmiah yang lain sesuai sama bagian tugasnya atau profesinya. Pencapaian Unit Credit Profesi seperti disebut pada ayat (2) mesti menjangkau minimum dua puluh lima. Unit Credit Profesi sepanjang 5 (lima) th..  

Lalu apakah kita tidak bisa melamar pekerjaan apabila belum juga memiliki STR? 

STR adalah satu diantara prasyarat harus serta mesti dilampirkan pada syarat-syarat pekerjaan dirumah sakit baik itu untuk sistem rekruitmen CPNS, tenaga BLU, BLUD ataupun lowongan pekerjaan dirumah sakit swasta. Seseorang perawat diharuskan mesti mempunyai STR. Tetapi sebenarnya seorang bisa memakai STR sesaat yang di keluarkan oleh MTKP jadi kelengkapan kriteria seleksi. Nah spesial untuk kamu beberapa rekanan perawat yang ada di Yogyakarta, kamu dapat mengurusi STR sesaat di Dinas Kesehatan Yogyakarta yaitu di jalan Tompean. Letak kantor MTKP ada di lantai 2. Tetapi kamu tidak dapat segera memajukan STR sesaat bila kamu pada hari itu juga baru mengolah STR di kantor PPNI Yogyakarta, menurut pengalaman mesti kamu mesti menanti paling tidak sekian hari (tidaklah sampai 1 minggu) untuk dapat memperoleh STR sesaat yang dapat kita pakai sembari menanti STR asli kita jadi. 

Tersebut barusan prasyarat mengurusi STR serta langkah mengurusi STR berdasar pada pengalaman aku. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk beberapa rekanan semuanya. Berhasil selalu buat beberapa rekanan adik kelas seprofesi yang baru mencari kerja... Allah memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar